Qr Code si kode Canggih, Yuk Kenali Sejarah, Fungsi dan Kegunaanya

Qr Code si kode Canggih, Yuk Kenali Sejarah, Fungsi dan Kegunaanya

Bismillah, apakabar santri coder dimanapun anda berada, semoga teman – teman semua selalu dalam lindungan Allah S.W.T di tengah kondisi   wabah covid-19 ini. ditengah kegabutan saya kali ini ada baikya kita menambah asupan ilmu pengetahuan kita tentang hal-hal sekitar kita yang mungkin teman-teman dan saya tidak tahu informasi lengkapnya, pada postingan kali ini mari kita bahas tentang QR Code tentang sejarah, pengertian, fungsi, dan seluk beluk seputar QR Code.

Definisi QR Code

QR Code adalah suatu jenis kode matriks atau barcode dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai.  QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula, berbeda dengan barcode, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, Kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada barcode. (soon,2008)

Sejarah QR Code

Pada 1960-an ketika Jepang memasuki periode pertumbuhan ekonominya yang tinggi, supermarket yang menjual berbagai komoditas mulai dari bahan makanan hingga pakaian mulai bermunculan diberbagai tempat. Mesin kasir yang digunakan di di toko-toko ini mengharuskan pelabelan harga-harga dilakukan secara manual, berawal dari masalah itu  banyak kasir-kasir  menderita mati rasa di pergelangan tangan mereka karna banyaknya barang-barang yang harus di labeli harga, kita bisa bayangkan pekerjaan mereka saat itu, cukup berat bukan ngasih label harga secara manual di ratusan jenis dagangan.

Saat Itu ditemukanlah  barcode (kode batang) yang memberikan solusi untuk masalah ini, yang selanjutnya dikembangkahlah sistem Poin of Sales (POS), di mana harga suatu barang dagangan ditampilkan di kasir secara otomatis ketika barcode pada item dipindai oleh sensor optic atau yang kita kenal barcode scanner , dan informasi tentang barang dikirim ke komputer pada saat yang sama

Penggunaan Barcode semakin meluas, sayangnya kode satu dimensi ini hanya dapat menampung sekitar 20 karakter alfanumerik, Keadaan ini membuat barcode tidak berfungsi maksimal. Saat itu pengguna menghubungi DENSO WAVE INCORPORATED (salah satu divisi dari DENSO CORPORATION) yang sedang mengembangkan  Barcode Reader pada saat itu untuk bertanya kepada mereka apakah mungkin untuk mengembangkan barcode yang dapat menampung lebih banyak informasi, dengan mengatakan, “ Kami ingin kemampuan kode Kanji dan Karakter Kana dan juga karakter alfanumerik. ”

Didorong oleh permintaan antusias ini, tim developer dari  DENSO WAVE memulai pengembangan kode dua dimensi baru  berdasarkan  keinginan tulus mereka untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna.

Masahiro Hara bersama satu orang anggota timnya mengembangkan QR Code dari barcode yang hanya 1 arah (horizontal) menjadi 2 arah (horizontal dan vertikal),  Mereka juga mengusahakan agar kode ini tetap dapat dibaca dengan cepat. Masahiro Hara mendapatkan ide untuk membuat penanda posisi kode, yang pada akhirnya berbentuk 3 kotak di tepi Kode QR. Penanda itu membuat Kode QR dapat dipindai dari berbagai sisi tanpa kesalahan.

Masahiro Hara  - Pengembang Qr code- pesantrencoding.com
Masahiro Hara – Pengembang Qr code

Satu setengah tahun Hara mengembangkan proyek Kode QR dengan percobaan dan kesalahan yang tak terhitung,  yang pada akhirnya terciptalah   Kode QR yang berkapasitas sangat tinggi dengan beragam jenis data mulai numerik, alfabetis, kanji, kana, hiragana, simbol, hingga kode biner. Kode QR mampu menyimpan hingga 7.089 karakter numerik, 4.296 karakter alfanumerik, 2.844 byte kode biner, dan 1.817 karakter huruf kanji. Tidak hanya mengandung banyak karakter, Kode QR dibaca dengan cepat, bahkan 10 kali lebih cepat dibanding sistem kode lainnya, keren gak tuh gais.

Kemudian pada tahun  1994, Denso Wave merilis QR Code ke public, yang  kemudian digunakan di berbagai sektor seperti industri otomotif, sistem komunikasi, hingga efesiensi pengiriman dan slip transaksi. Sejak saat itu Kode QR ini semakin banyak digunakan di industri Jepang.

Faktor lain yang membuat Kode QR diterima masyarakat luas adalah Denso Wave menyediakan spesifikasi Kode QR untuk publik. Sehingga siapapun dapat menggunakan Kode QR dengan bebas dan gratis. Developer menginginkan agar kode ini bermanfaat untuk sebanyak-banyaknya orang, sungguh mulia orang ini ya…

Di milenium baru, tepatnya tahun 2002, penggunaan Kode QR semakin luas di masyarakat Jepang, hal ini karena sudah banyak ponsel yang menghadirkan fitur QR Code reader, kemampuan tersebut membuat orang-orang dapat mengakses situs web dan mendapatkan kupon dengan memindai pola yang cukup terlihat aneh itu, tetapi berkat fungsinya dan kemudahannya itu  membuat Kode QR kian populer.

Kini QR Code sudah menjadi salah satu alat yang sangat diperlukan untuk bisnis dan kehidupan banyak orang,  mulai membuat kartu nama yang menyimpan banyak data, hingga tiket elektronik, system pembayaran,  sistem ticketing di berbagai tempat seperti bioskop, bandara, stasiun dan tempat-tempat lainnya

Fungsi dan Kegunaan

Awalnya Kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini Kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon seluler. Di Jepang, penggunaan Kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca Kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih Kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa, okey gan biar lebih mendetail saya jabarkan fungsi dan kegunaan Qr Code antara lain :  

  • QR Code Di pakai untuk Kepentingan komersial

Desain QR memungkinkan penggunanya untuk memasukkan logo perusahaan, klip video ataupun foto ke Kode QR , tanpa menghilangkan substansi informasi apapun dari sumber yang dimasukkan. Contoh penggunaan Kode QR yang didalamnya memuat konten klip video adalah Kode QR yang digunakan oleh kelompok penyanyi dari Inggris bernama Pet Shop Boys pada tahun 2007. Ketika kode dipindai dengan benar, maka pengguna akan diarahkan ke situs Pet Shop Boys. Selain itu pada tahun 2009 QR Code digunakan untuk kampanye pemasaran Movie 9 di San Diego Comic Con. Pada saat itu, pelanggan diberikan kartu yang menampilkan QR Code yang telah terintegrasi dengan karya seni yang bersangkutan. Jadi, pelanggan dapat mengakses cuplikan film melalui Kode QR tersebut, for your information semua yang tertanam dalam Kode QR untuk kepentingan ini adalah dengan menanamkan sebuah alamat situs (link) yang nntinya akan membawa pengunjung ke halaman tersebut, data yang terkandung biasanya berupa tulisan baik itu berupa angka, huruf, atau kombinasi lainya yang nntinya akan di di decode kedalam Kode QR , semakin banyak data yang masuk maka gambar yang di generate pada Kode QR tersebut biasanya semakin rapat.

  • QR Code di Dunia Pendidikan

Salah satu Implementasi QR Code di dunia Pendidikan adalah presensi kuliah dengan menggunakan QR Code yang sudah diterapkan  berbagai kampus ternama.  Kode QR juga mulai digunakan untuk kepentingan pendidikan, bukan sebatas penelitian.  Selain untuk presensi perkuliahan, dunia pendidikan juga menggunakannya sebagai sarana validasi ijazah dan transkrip nilai untuk mempermudah otentikasi ijazah dan transkrip secara waktu nyata. Sedangkan untuk perpustakaan, Kode QR digunakan untuk pembayaran denda dan layanan yang umumnya disediakan di perpustakaan QR Code dapat dipasang pada kartu pelajar, sehingga akan mempermudah proses absensi siswa, dan mempermudah akses bagi para siswa, guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar.

  • Qr Code untuk Kepentingan umum

QR Code dapat dimanfaatkan sebagai keamanan makanan dengan cara menambahkan QR Code yang berisikan data-data mengenai kandungan nutrisi dan masa kedaluwarsa pada tiap label makanan sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang dibeli sebab mereka dapat mengetahui informasi-informasi tentang makanan tersebut. Di Jepang, hal ini telah diterapkan oleh McDonald. Terdapat 19 jenis ” sandwich ” yang diberi QR Code yang mengandung informasi alergi, jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung dalam sandwich tersebut. Selain itu QR Code juga dapat diberikan di halte bus, sehingga penumpang dapat mengetahui keberadaan bus yang sedang ditunggu. Cara kerjanya adalah dengan memberikan hyperlink ke kamera CCTV di setiap jalan melalui koneksi internet pada ponsel.


Kode QR tidak ada yang sama. Semua sudah diatur oleh pembuat. Jika ada yang sama antara satu barang dengan barang berbeda, maka akibatnya barang tersebut akan tertukar. Kode QR bermanfaat sekali untuk masyarakat. Kode QR memiliki fungsi – tersembunyi yang mempermudah masyarakat, mungkin tidak banyak yang tau bahwa Qr Code dapat melakukan perekaman data pribadi atau Vcard pada hanphone, membuat link download, membuat link sharing koneksi internet, dan bahkan bisa di lakukan untuk melakukan pembayaran secara digital.

Cara Penggunaan

Kode QR dapat digunakan pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca Kode QR (Qr Code Reader) dan memiliki akses internet  untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via Kode QR tersebut. Pelanggan, yang dalam hal ini adalah pengguna ponsel hanya harus mengaktifkan program atau aplikasi  pembaca Kode QR , mengarahkan kamera ke Kode QR , selanjutnya program pemindai Kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada Kode QR . Jika QR Code berisikan alamat suatu situs, maka pelanggan dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju. Pada dasarnya penggunaan QR Code cukup dengan kamera pemindai yang terhubung dengan aplikasi di smartphone kita, jika di tempat lain biasanya menggunakan Kode QR reader.

QR Code Vs Barcode

Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetiskanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner. Secara spesifik, Kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu Kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada barcode. Hal ini dikarenakan Kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar QR Code bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah barcode. Tidak hanya itu QR Code juga tahan terhadap kerusakan, sebab Kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol Kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat, keren bukan.

Barcode dan QR Code adalah dua kode yang sama-sama penting dan memiliki fungsi hampir serupa. Hanya saja, QR Code diperuntukkan bagi data berkapasitas besar, sedangkan barcode untuk data yang lebih kecil. Mudahnya, QR code mampu menampung hingga ratusan kali lipat data yang tersimpan pada barcode. Dari segi bentuk, QR code berbeda dari barcode yang biasanya berbentuk batang-batang lurus yang tidak beraturan lebarnya. QR code berbentuk persegi empat, dengan tiga kotak kecil berwarna hitam di ketiga ujungnya.

Nah itu teman – teman informasi seputar teknologi QR Code, by the way penulis juga mengambil judul skripsi dengan Qr Code, aplikasi android untuk ngecek kehalalan suatu produk hehe, semoga postingan ini bermanfaat.

Jika postingan ini menambah wawasan baru kamu silahkan share ya sebanyak – banyakya.

Artikel Menarik Lainya baca juga ya gan…

By admin

Referensi www.qrcode.com | www.wikipedia.com

admin

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *