Yuk Download Aplikasi PeduliLindungi, Aplikasi Karya Anak Bangsa Bantu Cegah Meluasnya Corona

Yuk Download Aplikasi PeduliLindungi, Aplikasi Karya Anak Bangsa Bantu Cegah Meluasnya Corona

Pesantrencoding.com – Peran teknologi komunikasi dan infomasi cukup berpengaruh saat ini dalam menangani Wabah Covid-19 yang masih berlangsung  hingga saat ini,  berbagi cara telah dilakukan oleh pemerintah dalam mengantisipasi dampak dari pandemi covid 19 ini, salah satu upaya yang di lakukan adalah dengan meluncurkan Aplikasi PeduliLindungi, aplikasi besutan PT. Telkom Indonesia ini resmi mengudara di minggu terakhir bulan maret kemarin dan telah mendapatkan update pada hari ini (03/04/20), untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan lengkap seputar aplikasi ini :

Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi ?

Dilansir dari website resminya Aplikasi PeduliLindungi ini adalah aplikasi yang di kembangkan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini melindungi diri Anda, keluarga Anda, dan orang terdekat lainnya, serta menghentikan penyebaran COVID-19 dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Sampai saat ini (3/04/20) aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100ribu lebih dan sementara baru ada di Playstore saja, untuk requirement nya aplikasi ini baru bisa berjalan di versi android 5.0 keatas dengan ukuran aplikasi sekitar 3.6 Mb, kemudian permission atau  kebutuhan akses aplikasi ini meliputi kebutuhan mengakses lokasi dengan mengakses data GPS, lokasi realtime (approxiamate location), kemudian aplikasi ini juga mengakses photo/media/files/storage pada perangkat anda, serta menggunakan Bluetooth untuk keperluan pertukatan data.

Pada halama playtstore aplikasi ini mempunyai rating rata – rata 4.1, artinya ada sebagian orang yang melakukan rating rendah, saat saya membaca kolom review banyak yang komplain karna ada masalah di bagian OTP atau One Time Passord nya tapi sepertinya bug ini sudah dapat di atasi oleh pihak developer.

Cara Kerja Aplikasi

Dilihat dari halaman website resminya Aplikasi ini menggunakan data yang diproduksi oleh gadget Anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di alikasi PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Aplikasi PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Aplikasi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Berikut Screenshoot Aplikasinya :

For your information aplikasi ini sih pada dasarya bekerja dengan mengumpulkan data antar pengguna dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth, setelah registrasi beres pengguna hanya tinggal menunggu notif saja dari server jika ada di sekita pengguna lain yang pernah berada di linkungan terdampak , pada saat ini belum ada sih notif-notif dari aplikasi ini, mengingat masih sedikit penggunanya kalau dibandingkan dengan jumlah warna RI yang mencapai angka hampir 270 juta orang, dan aplikasi ini cukup memakan daya batrai juga mengingat aplikasi ini terus menerus.

Demikian sedikit informasi seputar aplikasi Pedulilindungi yang di luncurkan belakangan ini, semoga wabah ini cepat berlalu, siapapun kita wajib untuk mencegah dan mendukung upaya pemerintah dan para ahli dalam penaganan wabah covid-19 ini, dan jangan lupa berdoa untuk Indonesia yang lebih baik dan dunia yang lebih sehat.

Silahkan Download Aplikasi nya disini

Admin.

admin

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *